• PBS
  • BHM
04 April 2019
Sosialisasi Minim, Warga Dahu Timur "Berilmu" Politik Dari PKS

Sosialisasi yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu dinilai minim menyentuh masyarakat pedesaan. Tak terkecuali warga masyarakat kampung Dahu Timur RT.005 RW.08 di Desa Parigi. Padahal pemilu hanya tinggal hitungan hari saja.

Sosialisasi yang seharusnya dilakukan merata lewat "see and show" oleh penyelenggara dinilai sangat kurang. Hal ini diungkapkan oleh seorang warga yang menyayangkan hal ini terjadi. Sebab, pemilu 2019 yang pertama kali digelas secara serentak kali ini masih banyak kekurangan dari segi sosialisasi.

Sosialosasi hanya dilakukan oleh penyelenggara melalui baliho-baliho besar yang dipasang didepan area pemerintahan seperti balai desa maupun kantor kecamatan. Hal ini menjadi kekurangan fatal yang dianggap serius oleh sebagian besar warga kampung dahu timur.

Cara memilih, di TPS mana bahkan sampai saat ini mayoritas warga tidak ada yang mengetahui. Apalagi sebatas ilmu politik yang bisa menjadi tolak ukur pemilih dalam menentukan pilihannya dibalik bilik suara 17 April 2019 nanti.

Namun, Rabu 03 April 2019 tepatnya diarea parkir toko Mudi Mulya akhirnya masyarakat Dahu Timur disentuh oleh pendidikan politik oleh PKS melalui caleg DPRD Provinsi dan Kabupatennya. Hal ini menjadi angin segar bagi pengetahuan tata cara pemilihan yang bebas, jujur dan adil demi sahnya suara yang nanti diberikan.

Caleg PKS yang turun langsung memberikan ilmu politik itu tak lain adalah Pak Agus Mardiyono dan Pak H. Gembong. Keduanya menyambangi Kp. Dahu Timur untuk bersilaturahim serta mensosialisasikan bagamana cara memilih yang benar agar suara kita tidak sia-sia serta memaparkan visi misi PKS secara umum dan visi misi mereka masing-masing yang berlaku sebagai calon legislatif.

Kedatangan rombongan dari PKS ini menjadi sejarah pertama kalinya masyarakat Dahu Timur dikunjungi dan diberikan paparan mengenai pemilu. Sebab baru kali ini semenjak adanya pemilu baik pilkada, pilkades maupun pileg dan pilpres ada calon yang langsung menyentuh dan mengedukasi perihal pemilu yang sebelumnya. PKS menjadi partai pertama yang bersentuhan langsung dengan warga Dahu Timur.

Suara warga Dahu Timur 005 dianggap suara abu-abu pada kontestasi pemilu apapun. Lantaran tidak pernah adanya calon yang mau mensosialisasikan diri dan memaparkan pemilu yang akan terjadi. Sehingga, ketika mendengar kabar PKS melalu Pak Agus dan Pak Gembong akan bersilaturahim ke Dahu Timur pada malam tersebut membuat warga antusias mendatangi lokasi tempat berkumpulnya acara tersebut.

Meski waktu istirahat mereka agak terganggu, hal itu dinyatakan oleh Pak H. Gembong dalam sela pemaparannya tentang pemilu 2019. Biasanya warga saat jam tersebut sedang santai menikmati acara televisi paforit kesayangan mereka. Namun, demi sebuah pendidikan politik hal itu menjadikan hampir semua warga kampung Dahu Timur hadir malam itu duduk santai-santai dalam balutan silaturahim caleg dari PKS.

Meski demikian, masih dirasa kurang apa yang sudah dipaparkan oleh kedua caleg dari PKS tersebut. Lantaran waktu yang tidak memadai menjadi alasan utama silaturahim itu dilakukan secara kilat. Penulis pribadi menyayangkan dalam hal itu, lantaran masyarakat hanya mendapatkan bekal "how to coblos" saja. Sementara hal-hal yang perlu dilakukan oleh pemilih pada saatnya nanti masih minim dijelaskan oleh kedua caleg yang hadir.

Padahal, masyarakat inginkan forum-forum seperti itu terjadi dibarengi dengan tanya jawab seputar pemilu dan seputar caleg yang ada dalam forum tersebut. Namun karena waktu lagi yang membatasi adanya hal tersebut.

Pada akhirnya, selepas para caleg dari PKS tersebut meninggalkan lokasi, beberapa warga yang masih belum paham diberikan edukasi lanjutan oleh penulis dan rekan-rekan PRDT. Hal ini dilakukan oleh pemuda-pemuda semata ingin memastikan bahwa suara yang diberikan benar-benar dihitung.

Dari segi tekhnis undangan pemilihan sampai kepada penerimaan surat suara dari KPS harus lebih teliti lagi. Mengingat aroma kecurangan kental dilakukan oleh oknum penyelenggara untuk memenangkan calon tertentu. Penulis sebagai motor pemenangan partai koalisi yang mengusung Prabowo-sandi berpesan dalam paparannya, cukup coblos setiap satu kertas suara yang berlambang partai pada salah satu partai koalisi Prabowo-Sandi. Apalagi baru saja datang bersilaturahim caleg yang juga berasal dari koalisi tersebut. Karena fokus kemenangan pada pemilu ini bukan sekedar Prabowo jadi presiden, melainkan juga menguasai parlementer demi mulusnya roda pemerintahan yang pro terhadap rakyat.

Selayang menyambung pada visi misi PKS yang disampaikan oleh Pak H. Gembong malam tadi, penulis menangkap inti dari apa yang diharapkan dan dicita-citakan oleh PKS adalah sejalan dengan keinginan rakyat Dahu Timur dan rakyat Indonesia. Tax amnesty yang menyasar pada pengusaha besar dinilai keliru oleh PKS, begitu juga dengan membludaknya asing yang menjadi tenaga kerja di bumi pertiwi sangat tidak nasionalis melihat masih banyaknya pribumi yang berpangkat pengangguran.

Cita-cita PKS yang ingin menghapuskan pajak kendaraan motor, memberlakukan SIM seumur hidup dan program pro rakyat lainnya diamini oleh seluruh warga dahu timur. Hal ini menjadi salah satu pintu untuk mendulang suara bagi partai yang benar-benar memberikan solusi program kerakyatan dan keadailan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Menuruti keinginan mayoritas warga Dahu Timur dalam mendalami perihal Pemilu 2019 nanti. Dengan ini, PRDT akan mengadakan nonton bareng Debat Terakhir Capres-Cawapres pada Sabtu 13 April 2019 nanti bertempat di area parkir Mudi Mulya. 

Acara nobar ini dimaksud untuk menambah edukasi politik terhadap warga yang sejak dahulu dipandang abu-abu lantaran tidak berpihaknya pada calon manapun yg ada dan tidak seragam dalam minat memilih calon yang ada. Acara nobar ini diharapkan menjadi alat komunikasi tukar pendapat sesama warga saat pemaparan program oleh capres dan cawapres nanti. 

"Biasanya kita nonton debat dirumah masing-masing tanpa membahas apa yg saat itu terucap oleh para kandidat, didebat terakhir ini kita ingin suara masyarakat yg dianggap suara jalanan menjadi lebih terbuka dan berani berkomentar didepan lainnya. Jadi ayo kita nobar bersama 13 April nanti." ujar penulis membakar semangat pemuda lainnya.

Kami juga berharap pada nobar depat nanti ada tambahan edukasi politik dari penyelenggara maupun dari kandidat partai yang berkontestasi. Hal itu demi mematangkan "nawaitu" ketika berhadapan dengan 5 kertas suara yang berbeda.

Jangan salah dan jangan ragu lagi. Pilih PKS demi kesejahteraan dan keadilan yang merata. Pilih PKS agar rakyat benar-benar menikmati nyatanya kekayaan Indonesia. Pilih PKS karena PKS adalah Partai Kita Semua.

Salam Kemenangan Prabowo-Sandi

0 Komentar

Kontak Kami

logo-m-chip.jpg
  • Telepon : +6285213099263
  • Email : admin@murodininfo.com
  • Alamat : Jl. Cikande Koper KM.2 No.19 Dahu Timur RT.005 RW.08 Parigi Cikande Serang Banten 42186

Pencarian

Berita Populer

Social Media

Statistik